--- ADA KWALITAS ADA HARGA ---

SANGER


Edel Sanger

Merupakan masih salah satu burung yang memiliki keluarga jenis burung kenari, biasanya para pecinta burung selain menangkar, atau  menikmati suara ocehan yang rajin, mereka juga menggunakan untuk memaster burung kenari idamanya supaya memiliki lagu ngerol layaknya edel sanger. Edel sanger memiliki kemiripan dengan jenis burung import blacktroath, tetapi perbedaanya edel sanger tidak memiliki warna kuning diatas ekor dan bagian dadanya lebih terlihat ke abu-abuan berbeda dengan blacktroath yang lebih cenderung hitam pada bagian dada dan lehernya. Burung sanger berasal dari afrika, namun sekarang sudah mulai banyak para pecinta jenis burung finch yang menangkarkanya. Harga edel sanger standart import kisaran 450-500ribuan /ekor, lokal/hasil penangkaran di indonesia sendiri harga anakan umuran 1-3bulan kisaran 550-650ribuan /ekornya, tetapi bisa menjadikan kemungkinan lain tempat, lain pula harganya, lain kualitas lain pula harga. Jadi harga burung tidak bisa disamakan rata, tentu kualitas baik harga juga tinggi, itu sudah hukum ekonomi.



 Blackthroat dan Eldel Sanger Bukan saja sebagai master bagi burung kenari, burung jenis Blackthroat (BT) dan Eldel Sanger yang masih sekerabat dengan burung kenari ini, mempuyai suara yang demikian indah dan merdu, dengan suara kicauan yang mengalun turun naik, jika dilukiskan tidak ubahnya seperti bunyi air terjun di alam bebas. Selain tidak terlalu sulit dalam hal pemeliharaan jenis ini relatif lebih tahan pada gangguan nyamuk dan perubahan cuaca. Pola makannya pun kurang lebih sama atau bisa dibilang lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis kenari. Jika kenari menggunakan hampir 50% cannary seed untuk pakannya, maka BT atau sanger lebih menyukai Jewawut (Kunyit : sunda) untuk makanan pokoknya yang menurut hitungan harga, lebih ekonomis. Selain kelebihan tersebut diatas, ada alasan mengapa burung ini tidak se-populer burung jenis kenari lainnya. Suara kedua burung ini cenderung tidak sevariatif suara kenari yang dapat membawakan 5-6 variasi lagi pada saat berkicau. Kicauan suara burung ini mengandalkan kecepatan dan kocokan, alunan serta tempo sehingga menciptakan harmonisasi nada suara yang merdu dan indah.



Burung Blackthroat memiliki karakter suara yang lebih jelas pada perubahan intonasi nada, atau dalam kata lain memiliki cengkok (sedotan) yang jelas dengan nada yang lebih dinamis dan Power yang lebih kuat atau bersuara lebih keras. Jika kita konotasikan dengan menggunakan tangga nada maka dapat berpola 1 1 7 2 3 7 1 1 7 2 3 7 1 1 7 2 7 ..dst. ada lonjakan perbedaan nada yang jelas.
Sedangkan pada sanger lebih mengadalkan pada kocokan atau roll yang panjang dengan dinamisasi nada yang lebih rata namun panjang dan senantiasa bervariasi namun tidak tiba-tiba berubah : 1 1 1 2 2 2 4 4 4 2 2 1 1 1 2 2 4 4 4 2 2 dst.


NB: yang berminat dengan burung ini bisa hubungi Kami.Terimah kasih
Download suaranya Klik Disini

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengalaman anda

 
Facebook Twitter BB mail